PENINGKATAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL UNTUK MENDORONG MODERASI BERAGAMA DI DESA PABATAN

Authors

  • Anissa Citra Paonganan Institut Agama Kristen Negeri Toraja, Indonesia
  • Admadi Balloara Dase Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Sernilia Malino Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Sepriadi Bunga Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Sumiati Putri Natalia Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Markus Sakke Pauranan Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Hasrat Dewi Rante Allo Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Zefanya Sambira Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Saputra Tandi Linggi' Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Andrio Ratte Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Kesaktian Panan Institut Agama Kristen Negeri Toraja
  • Sriyanti Rahayu Pabebang Institut Agama Kristen Negeri Toraja

Keywords:

Pembelajaran Multikultural, pendampingan, pendidikan, Multicultural learning, mentoring, education

Abstract

Indonesia merupakan negara yang majemuk yang memiliki keberagaman suku, budaya, ras, agama dan lain sebagainya. Keberagaman tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi geografis. Pada kondisi tersebut memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pendidikan. Kualitas, fasilitas dan akomodasi menjadi penghalang bagi sekolah-sekolah yang ada di daerah terpencil. Kami melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam rangka membuka wawasan untuk meraih cita-cita mereka. Oleh karena itu, metode yang kami gunakan yaitu pembelajaran multikultural serta pendampingan dengan menerapkan konsep mentoring. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu siswa merasa terdorong dalam belajar, memiliki semangatan juga mampu meluapkan emosi mereka melalui metode-metode pembelajaran yang diberikan. 

Indonesia is a diverse country that has a diversity of ethnicities, cultures, races, religions, and so on. This diversity is also influenced by geographical conditions. This condition has a significant impact on education. The quality, facilities and accommodation are barriers for schools in remote areas. So, the authors carried out community service to provide opportunities for students to open their minds to achieve their dreams. Therefore, the method that the authors usedmulticultural learning and mentoring by applying the concept of mentoring. The result of this community service is that students feel encouraged to learn, have enthusiasm  and are able to express their emotions through the learning methods provided.

References

Afwana, P. P. N. N. yuyaina. (2023). Urgensi Teknik Relaksasi dan Katarsis Dalam Menurunkan Stres Pengasuhan Anak Pirhad Pridandi 1 Nadia Nur Afwana Yuyaina 2. 4(1), 1–7.

Ernawati. (2019). DESKOVI?: Art and Design Journal PSIKOLOGIS DALAM SENI: KATARSIS SEBAGAI REPRESENTASI DALAM KARYA SENI RUPA. 2(2), 105–112.

Fitriani, Y. (2015). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study: Studi. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(2), 126–138.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Huda, H., & Rendi, A. W. (2020). Budaya Literasi, Mencerdaskan Anak Negeri. JIWAKERTA: Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 1(2), 30–34. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5011

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. In Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI Jl.MH. Thamrin No.6 Lt. 2 Jakarta Pusat.

Lubis, R. I., & Dirgantara, P. (2021). PARTISIPASI KOMUNITAS ZERO WASTE INDONESIA DALAM MENDUKUNG GAYA HIDUP NOL SAMPAH. 139–147.

Malchiodi. (2012). Handbook of art therapy (2nd ed.) (T. G. Press (ed.)).

Pebriana, P. H. (2017). Analisis kemampuan berbahasa dan penanaman moral pada anak usia dini melalui metode mendongeng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.25

Permatasari, A. E., Marat, S., & Suparman, M. Y. (2017). Penerapan Art Therapy untuk Menurunkan Depresi pada Lansia di Panti Werdha X. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 116. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.341

Puspitasari, N. A., & Jupri, A. R. (2018). Keterampilan Mendongeng. Keterampilan Mendongeng, 2–96.

Putra, E., Siregar, N. A., & Siregar, J. A. (2022). PENGENALAN GAYA HIDUP ZERO WASTE TERHADAP SISWA SEKOLAH DASAR. 1(2), 225–231.

Rakimahwati, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita Improving the Moral Development of Early Age Children. Ilmiah Visi P2TK PAUD NI, 7(1), 18–41.

Ramdhany, N. A. R., Yulastri, W., & Solina, W. (2023). Kontribusi Kegiatan Mentoring Terhadap Pembentukan Karakter Kerja Keras Peserta Didik Kelas VIII di SMP-IT Adzkia Padang. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.56832/edu.v1i1.14

Sjukur, S. A. (2012). Virus Setan, Risalah Pemikiran Musik. Art Music Today Publishing.

Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117. https://doi.org/10.24269/ajbe.v3i1.1332

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Pub. L. No. Pasal 31 Ayat 1.

Wahyuningsih, S. (2017). Teori Katarsis Dan Perubahan Sosial. Jurnal Komunikasi, 11(1), 39. https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2834

Published

2024-04-29

How to Cite

Paonganan, A. C., Dase, A. B. ., Malino, S. ., Bunga, S. ., Natalia, S. P., Pauranan, M. S. ., Rante Allo, H. D. ., Sambira, Z. ., Tandi Linggi’, S. ., Ratte, A. ., Panan, K. ., & Pabebang, S. R. (2024). PENINGKATAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN BERBASIS PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL UNTUK MENDORONG MODERASI BERAGAMA DI DESA PABATAN. Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 40-48. Retrieved from https://bida.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsbida/article/view/6

Most read articles by the same author(s)